Cara Membuat Program Perkalian Dua Bilangan dengan Visual Basic 6.0

Mungkin saya terlambat memberi tahu bagaimana cara membuat program pada Visual Basic 6.0. Karena dua posting sebelumnya saya hanya memberikan file program yang sudah jadi. Mungkin yang ada di pikiran kalian adalah sangat sulit membuat sebuah program dan itu juga pernah saya pikirkan sebelum mengenal Visual Basic 6.0. Jika anda sudah mengetahui rumus-rumusnya membuat sebuat program akan sangat gampang dilakukan. Kalian bisa download caranya dalam bentuk Word (2010) klik di sini.

Langkah 1: Buka Visual Basic 6.0 lalu pilih Standard EXE atau yang ada dalam lingkaran merah seperti pada gambar berikut:

Langkah 2: Kita bisa mengatur besarnya tampilan program dengan menarik ke bawah atau ke samping Project1-Form1(Form) dan Form1. Setelah itu kita bias mengganti nama Form1 sesui keinginan kita. Lihat kolom Form 1 Form, klik Form1 pada Caption, hapus Form1 kemudian ganti dengan nama Form yang kita inginkan. Kali ini saya memakai gedewardika.wordpress.com Untuk lebih jelas bias dilihat pada gambar beriut:

Langkah 3: Langkah ini mungkin berbeda dengan langkah orang lain. Saya disini menyarankan untuk mengatur backgroundnya. Agar nantinya penempatan untuk tempat-tempat text bisa diatur dengan mudah. Cara mengisi background sangat mudah. Pilih Picture pada kolom Form 1 Form klik (None) pilih gambar dengan klik kotak kecil di kiri (None). Seperti gambar berikut:

Pilih gambar, kemudian Klik OK. Maka hasilnya akan menjadi:

Langkah 4: Kita akan mengisi Label, Text, Command. Label kita buat untuk mengisi Judul “PERKALIAN DUA BILANGAN”, mengisi keterangan “BILANGAN SATU”, “BILANGAN DUA” dan “HASIL”. Sedangkan untuk Text kita fungsikan untuk mengetik atau mengisikan nilai bilangan satu, bilangan dua serta untuk mengetahui hasilnya. Untuk Command kita fungsikan sebagai tombol perintah untuk melakukan proses perkalian sehingga hasil di peroleh.  Klik Label (A)  pada kolom General yang berada di sebelah kanan, klik tahan dan geser pada Form (gedewardika.wordpress.com). Buatlah besarnya sesuai keinginan kalian, untuk Text klik TexBox pada kolom General juga (ab), Untuk Command klik CommandButton terletak dibawah TexBox. Cara membuatnya sama seperti Label, untuk lebih jelas bias melihat gambar berikut:

Langkah 5: Kita pada langkah ini akan mengisi Judul, dan beberapa nama pada Label, Text dan Command, jika terlanjur mengklik dua kali, kita hanya perlu memilih View kemudian klik Object atau Shift+F7. Cara memberi nama:

1)   Klik Label1 lihat kolom Label1 Label di sebelah kanan, pilih Caption ganti nama Label1 pada Caption menjadi “PERKALIAN DUA BILANGAN” untuk mengganti jenis huruf, besar huruf dengan memilih di Font.

2)   Klik Label2 lihat kolom Label1 Label, Ketik BILANGAN SATU pada Caption, antur jenis dan besar suruf sesuai selera.

3)   Klik Label3 lihat kolom Label1 Label, Ketik BILANGAN DUA pada Caption, antur jenis dan besar suruf sesuai selera.

4)    Klik Label4 lihat kolom Label1 Label, Ketik HASILpada Caption, antur jenis dan besar suruf sesuai selera.

5)   Klik Text1 lihat kolom Label1 Label, kosongkan Text, ganti nama (Name) Text1 menjadi txt_1, atur jenis huruf sesuia keinginan.

6)   Klik Text2 lihat kolom Label1 Label, kosongkan Text, ganti nama (Name) Text2 menjadi txt_2, atur jenis huruf sesuia keinginan.

7)   Klik Text3 lihat kolom Label1 Label, kosongkan Text, ganti nama (Name) Text3 menjadi txt_12, atur jenis huruf sesuia keinginan.

8)   Klik Command1 lihat Label1 Label, ganti Caption menjadi PROSES, atur jenis huruf sesuia keinginan.

Kalau langkah kalian benar, maka hasinya akan seperti ini:

Langkah 6: Langkah berikut sangat penting, karena langkah ini akan menentukan apakah program kita berfungsi dengan baik atau tidak.  Ini adalah langkah memberi rumus pada program yang kita buwat. Klik dua kali pada PROSES, kemudian ketikan rumus di bawah ini:

Private Sub Command1_Click()

Dim BILSATU, BILDUA, BILHASIL As Integer

BILSATU = Val(txt_1.Text)

BILDUA = Val(txt_2.Text)

BILHASIL = Val(BILSATU * BILDUA)

txt_12.Text = BILHASIL

End Sub

Setelah rumus di atas kita bisa mencobanya dengan klik start (lambang segitiga di bawah Diagram pada deretan menu diatas). Jika rumus benar maka program akan berjalan dengan baik, kita bisa memasukkan angka-angka pada kolom di bawah BILANGAN SATU dan kolom di bawah BILANGAN DUA, kemudian klik PROSES maka Hasilnya akan bisa kita ketahui.

Untuk menyimpan file, kita hanya perlu memilih file klik save project (file ini harus dibuat folder khusus hanya untuk file ini, karena file ini terdiri dari empat file). Jika kalian ingin membuat file jadinya, kita hanya perlu klik file pilih Make Project1.EXE (buwat nama sesuai keinginan) pilih tempat penyimpanan, klik OK.

Demikian cara membuat program mengenai perkalian dua bilangan yang bisa saya sampaikan. Semoga berguna bagi kita semua. Dan file jadinya bisa di download di sini.

About these ads

9 comments on “Cara Membuat Program Perkalian Dua Bilangan dengan Visual Basic 6.0

  1. Your personal posting, “Cara Membuat Program Perkalian Dua Bilangan dengan Visual Basic 6.
    0 | Wardika’s Blog” ended up being worth commenting down here in the comment section! Really needed to mention you really did a wonderful job. Regards ,King

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s